ABAH JARO DULHANI, JARO PERTAMA DI DESA CIBARANI

periode pertama 2010-2016

periode ke dua 2017-2016

_20161216_213337
Pada tahun 2009 Desa Cibarani masih bergabung dengan Desa Karang nunggal, pada waktu itu pula salah satu masyrakat ada yang ingin mencoba merintis untuk pemekaran desa. Orang yang paling pertama merintis untuk pemekaran bernama Dulhani, Sadun sebagai kepala desa Karangnunggal dan sukarma sebagai sekjen.

Pemekaran desa bukanlah hal yang mudah, banyak syarat dan ketentuan yang harus ditempuh, beliau tidak merintis pemekaran sendiri tetapi dibantu oleh tokoh – tokoh lain, dari tokoh masyarakat, ulama,  tokoh pemuda, dan tokoh yang lainnya. Mereka bermusyawarah dan melakukan pendekatan baik sama pihak kecamatan maupun kepada desa setempa

Seiring berjalannya waktu, desa karang nunggal menjadi ramai, pendatang terus bertambah dan jumlah Kepala Keluarga semakin banyak, keinginan masyarakatpun untuk pemekaran desa semakin kuat. Pada tanggal 30 juli 2010 sang perintis meminta ijin kepaada kepala desa setempat, waktu itu yang memimpin desa adalah lurah Sadun, dan alhamdulillah beliau merestuinya dengan adanya pemekaran kecamatan bojong manik dan cirinten bertepatan dengan masa jabatan kepala desa karangnunggal terpilih Udin samsudin sebagai kepala desa yang baru dan beliau pun merestui adanya pemekaran desa.

Setelah ada ijin dari kepala desa setempat sang perintispun mengadakan rapat atau bermusyawarah yang dihadiri oleh masyarakat setelah ada kesepakatan untuk pemekaaran diporum musyawarah itu juga langsung mencari nama desa yang abik jika dimekarkan nanti. Ada tiga nama desa yang muncul yaitu; Cibarani Padarame, dan Gunung batu tiga nama desa tersebut disepakati oleh peserta musyawarah namun pada waktu itu, / diforum karena menurut pemahaman yang ada di desa untuk nama desa janganlah sembarangan harus di itung itung dulu bahkan menurut para kiyai mencari nama yang baik harus dilakukan dengan shalat istiqoroh,  yang nantinya insya allah mendapatkan pirasat yang baik. Setelah berselang satu minggu sang tokoh ulama setempat menyampaikan kepada masyarakan, bahwa salah satu nama desa adalah “Cibarani”. Insya allah nama tersebut akan membawa berkah dan kejayaan pada kita semua.

Itulah sekelumit sejarah desa cibarani.
Nurman post