#Idinklusif Pembukaan pelatihan jurnalisme wargaDulhani dan Warsa, keduanya  Kepala Desa dan Perangkat Desa Cibarani Kecamatan Cirinten beserta 47 peserta pelatihan lainnya mengikuti Pelatihan Jurnalisme Warga bagi perangkat desa dan RT/RW  di Kantor Desa Sindanglaya pada Rabu (17/2/2016).

Pelatihan ini mengusung tema Teknik dan Metode penggalian data dalam membangun Sistem Informasi Desa (SID) yang akurat dan terbuka yang diikuti oleh 47 peserta lainnya dari 5 Desa dari 4 Kecamatan di Kab. Lebak, yaitu Desa Sindanglaya dan Desa Cirompang Kec. Sobang, Desa jagaraksa Kec. Muncang, Desa Wangunjaya Kec. Cigemblong dan Desa Cibarani Kecamatan Cirinten.

Bermain game, sesi pelatihan jurnalisme warga #idinklusifKegiatan tersebut merupakan Program Peduli dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK-RI) dan diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sindanglaya Kec. Sobang bekerjasama dengan LSM Rimbawan Muda Indonesia dan Kemitraan Jakarta, yang dilaksanakan dari tanggal 17-18 Februari 2016.

“Para RT dan RW merupakan ujung tombak pendataan ditiap desa” ujar Camat Sobang, Wijayanto S.Sos dalam sambutannya.

“Para Rt dan Rw harus mempunyai kemampuan dalam melakukan pendataan dan melaporkannya ke Pemerintah Desa sehingga akurasi datanya dapat dipertanggungjawabkan”

Warsa, peserta pelatihan mengatakan jika pelatihan ini memberikan banyak manfaat dan pengalamannya dalam melakukan pendataan didaerahnya.

“Pelatihan ini sangat menarik dan memberi banyak pengalaman bagi saya khususnya” ujarnya.

“Disini saya belajar bermain game, diskusi kelompok, menyusun data lahir mati maupun pindah dan datang bagi penduduk desa serta menyusun rencana kegiatannya kedepan”

“Pokoknya TOP deh, ha.ha.ha” pungkasnya bersemangat.